Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Post On: 22 Oktober 2017
Oktober 22, 2017

Biasanya wanita hamil pada berat badan selama kehamilan. Tapi yang penting adalah menurunkan berat badan setelah hamil. Jika Anda berhati-hati (atau beruntung dengan kesempatan nyata!), Anda hanya perlu menurunkan berat badan sekitar 5-10 Kg tapi jika Anda kurang ceroboh (atau tidak beruntung), Anda mungkin perlu menurunkan sekitar 15 sampai 18 Kg berat badan setelah kehamilan. .

Bagaimana cara menurunkan berat badan setelah hamil?

Ambil pendekatan bertahap.

Ya, tubuh Anda bertambah gemuk karena suatu alasan dan butuh sembilan bulan untuk mendapatkan semua lemak tubuh itu. Sekarang, jika Anda tidak memberi tubuh Anda sedikit waktu, Anda akan berada dalam masalah. Tubuh Anda perlu bersiap-siap sebelum mulai menurunkan berat badan. Jadi, jangan terburu-buru, perhatikan saja apa yang Anda makan dan gerakkan tubuh Anda dengan benar.

Padahal, di bulan pertama setelah kehamilan, jangan khawatir kehilangan berat badan. Pada periode ini, Anda telah kehilangan beberapa berat badan, berat bayi, plasenta dan cairan ketuban, Anda telah kehilangan semuanya. Anda sudah lebih ringan dari sebelumnya. Bahkan setelah periode ini, Anda akan kehilangan beberapa berat cairan ekstra selama beberapa minggu ke depan. Setelah semua berat badan ini berjalan dengan sendirinya, saat itulah Anda perlu melakukan upaya ekstra untuk menurunkan berat badan yang Anda dapatkan selama kehamilan.

Namun, Anda harus kehilangan semua berat ekstra dalam waktu 6-12 bulan setelah melahirkan bayi Anda. Bertujuan untuk kehilangan 1 pon setiap minggu dimulai setelah 6-8 minggu melahirkan bayi Anda yang cantik. Jika Anda tidak menurunkan berat badan dalam periode ini, Anda mungkin harus mempertahankan lemak ekstra itu lebih lama.

Jika kehamilan Anda dimulai dengan berat badan normal dan Anda mendapatkan rata-rata 25-35 pound (sekitar 11-16 kg), Anda tidak memerlukan lebih dari 2-3 bulan untuk menghilangkan semua lemak kehamilan tersebut jika Anda memonitor apa yang Anda makan dan bagaimana Anda memindahkan tubuh Anda. Di sisi lain, jika Anda pernah mengalami obesitas bahkan sebelum hamil, Anda mungkin perlu bekerja lebih lama lagi untuk tubuh Anda beberapa bulan lagi untuk kembali terbentuk.

Baca Juga:

8 Latihan Sederhana Pasca Melahirkan

17 Obat Rumahan Untuk Mengobati Gatal Kemaluan

Tiga Kunci Menurunkan Berat Badan Setelah Kehamilan

Hanya ada 3 hal yang sangat membantu Anda menurunkan berat badan setelah kehamilan:

  1. Diet
  2. Latihan atau aktivitas fisik
  3. Menyusui

Dua hal pertama dibutuhkan untuk menurunkan berat badan dan tidak hanya yang didapat setelah kehamilan. Yang ketiga, bagaimanapun, adalah spesifik untuk kenaikan berat badan kehamilan.

Diet untuk Menurunkan Berat Badan Setelah Kehamilan

Anda tidak perlu melakukan diet ekstrem untuk menurunkan berat badan setelah hamil. Anda hanya perlu membawa perubahan kecil dalam kebiasaan makanan sehari-hari Anda. Perubahan ini harus berfokus pada memasukkan makanan yang lebih bergizi dalam makanan Anda dan tidak termasuk kalori kosong darinya.

Diet berarti Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Ya, diet bukan diet mode atau diet ketat. Ini berarti memiliki makanan sehat yang mencakup lebih banyak nutrisi dan kurang makanan junk food.

  • Mulailah hari Anda dengan sarapan pagi. Jangan lewatkan Pilih saja pilihan sehat untuk sarapan Anda. Sereal biji-bijian utuh, roti gandum, telur, buah-buahan, produk susu rendah lemak, dll, membuat sarapan sangat baik bagi siapa saja, bahkan ibu baru sekalipun.
  • Tidak pernah melewatkan makan Anda tidak hanya perlu memulihkan tubuh Anda tapi juga memberi nutrisi pada bayi Anda. Jadi, tetaplah energik dengan makan teratur sehingga Anda merawat diri sendiri dan bayi Anda dengan benar. Selain itu, Anda tidak akan merasa berolahraga jika membiarkan diri Anda kelaparan.
  • Miliki lebih banyak buah dan sayuran dan sedikit gula dan makanan cepat saji.
  • Stok kudapan sehat di sekitar Anda. Apel. wortel, biskuit gandum, kacang-kacangan, kelapa, kacang hijau adalah beberapa cemilan sehat yang bisa Anda coba kapan pun Anda merasa lapar.
  • Miliki makanan super seperti ikan karena Anda membutuhkan nutrisi yang terbaik. Lagi pula, Anda juga menyusui bayi. Tingginya nutrisi dan rendah kalori, makanan super akan membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Asam lemak DHA dan omega 3 pada ikan akan membantu mengembangkan otak dan sistem saraf bayi Anda.
  • Makanan super lain adalah seluruh jajaran sayuran hijau. Bayam, chard Swiss, dan brokoli dll adalah sumber vitamin A. Vitamin ini bagus untuk Anda dan bayi Anda juga. Semua vitamin C dan sayuran sarat besi bersama dengan sejumlah antioksidan juga rendah kalori. Apa lagi yang Anda butuhkan untuk menurunkan berat badan!
  • Makanlah makanan yang direbus, dipanggang, dikukus dan hindari gorengan.

Perhatikan Minuman Anda Menurunkan Berat Badan Setelah Kehamilan

Jika Anda makan sehat namun tidak menurunkan berat badan, Anda harus memperhatikan apa yang sedang Anda minum. Minuman manis dan minuman buatan menambahkan kalori ke makanan Anda dan Anda bahkan tidak menyadari hal ini.

  • Minum banyak air. Ini membantu menghilangkan dehidrasi, retensi cairan dan kembung. Ini juga menyiram racun dari tubuh Anda dan mempersiapkan tubuh Anda untuk bersiap-siap untuk kesehatan maksimal.
  • Hindari minum soda dan cola
  • Miliki jus buah alami tanpa menambahkan gula
  • Miliki minuman alami yang sehat seperti air kelapa dan air lemon. Jangan tambahkan gula ke air lemon. Jika perlu, tambahkan beberapa madu.
  • Batasi asupan minuman berkafein seperti teh dan kopi. Alih-alih memiliki teh herbal tanpa gula atau pemanis buatan.

Lakukan Latihan Menurunkan Berat Badan setelah Kehamilan

Ini adalah suatu keharusan. Anda harus aktif secara fisik jika ingin menurunkan berat badan. Ya, bahkan setelah hamil. Lewatlah sudah hari-hari dimana ibu atau nenekmu akan membatasi Anda untuk pindah dari tempat tidur Anda. Anda bisa mulai berjalan kaki setelah melahirkan. Namun, jika Anda pernah mengalami komplikasi tertentu selama kehamilan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter apakah Anda dapat memindahkan tubuh Anda setelah hamil? Dan jika iya, seberapa banyak latihan berat yang bisa Anda lakukan dan setelah berapa hari? Jelas Anda tidak bisa mengangkat berat badan setelah melahirkan. Tapi Anda selalu bisa meminta ginekolog Anda untuk mengetahui berapa hari Anda bisa mulai melakukan aktivitas yang hebat untuk menurunkan berat badan.

  • Mulai berjalan setelah 4 minggu melahirkan jika tidak disarankan melawannya oleh dokter Anda.
  • Awalnya, Anda mungkin berjalan lebih rendah tapi secara bertahap, meningkatkan rutinitas ini menjadi 45 menit sehari selama 5 hari dalam seminggu.
  • Jika Anda tidak bisa berjalan selama itu, pergilah waktu. Berjalanlah selama 10-15 menit selama 3-4 kali sehari.
  • Pindahkan tubuh Anda secara teratur. Jangan duduk di tempat selama lebih dari setengah jam peregangan. Misalnya saat menonton TV atau membaca buku atau mengerjakan komputer, bangunlah setiap 30-40 menit dan berjalanlah selama 5-10 menit.
  • Selain berjalan kaki, jika ingin melakukan latihan lain, pertama dapatkan persetujuan dokter.

Cara Lain Memindahkan Tubuh Anda

Selain berjalan, Anda bisa menggerakkan tubuh Anda dengan berbagai cara:

  • Menari sedikit Anda tidak perlu pergi zumba, hanya tarian yang menyegarkan untuk merasa senang dan tentunya menurunkan berat badan. Lakukan ini di depan bayi Anda untuk membuatnya bahagia juga. Sebenarnya, Anda bisa menggendong bayi sambil menari perlahan dan mantap. Rasakan ikatan yang menakjubkan antara Anda berdua dan sebagai bonus juga banyak menumpahkan! Tapi hati-hati dan berikan dukungan pada kepala dan tubuh bayi Anda saat dia berada dalam pelukan Anda saat Anda menari. Jangan pernah menari dengan kuat saat memegang bayi Anda, batasi diri Anda untuk memperlambat gerakan menari.
  • Bermain dengan bayi Anda. Tidak ada yang bisa menyamai ini. Pegang bayi Anda di tangan Anda dan ayunkan dia perlahan. Hati-hati juga. Biarkan bayi Anda duduk di kaki bengkok Anda saat Anda berbaring dan batu kaki Anda. Berhati-hatilah untuk menahan bayi Anda dengan benar. Jika Anda tidak cukup percaya diri, jangan pegang bayi Anda saat menggerakkan tubuh Anda seperti ini. Biarkan dia duduk di samping Anda dan perhatikan Anda dengan menyenangkan.

Menyusui Menurunkan Berat Badan Setelah Kehamilan

Yang unik dalam upaya menurunkan berat badan setelah hamil adalah Anda bisa melakukannya saat menyusui bayi Anda.

Jika diberi cukup, menyusui membakar kalori dan karena itu sangat membantu menurunkan berat badan setelah hamil.

Tahukah Anda, wanita yang memberi ASI pada bayi mereka, membakar sekitar 500 kalori ekstra dalam sehari. Perbandingan ini dengan wanita yang tidak menyusui.

Namun, menyusui tidak penting untuk menurunkan berat badan. Anda bisa menurunkan berat badan hanya dengan diet sehat dan berolahraga. Meskipun demikian, menyusui dapat meningkatkan tingkat kehilangan lemak. Jadi, ada pada Anda apakah Anda ingin menyusui anak Anda atau tidak. Omong-omong, menyusui juga memastikan nutrisi terbaik untuk bayi Anda.

Tidur sedikit lebih banyak untuk Menurunkan Berat Badan

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa ibu pada bayi baru lahir yang tidur kurang dari enam jam menghadapi lebih banyak kesulitan dalam menurunkan berat badan setelah hamil. Mereka yang tidur selama tujuh jam atau lebih beruntung bisa menurunkan berat badan dengan mudah bila dibandingkan dengan ibu yang kurang tidur.

Bila tubuh Anda tidak cukup tidur dan istirahat, hormon seperti kortisol dan hormon stres lainnya dilepaskan di dalam tubuh. Salah satu efek samping dari hormon ini adalah penambahan berat badan.

Ada satu alasan lagi mengapa kurang tidur bisa menghambat usaha penurunan berat badan Anda setelah kehamilan. Bila Anda lelah dan kurang tidur, Anda tidak bisa menggerakkan tubuh Anda. Anda juga tidak merasa ingin melakukan usaha untuk memiliki makanan sehat. Anda makan apa pun yang Anda punya kesempatan untuk menanganinya. Lagi pula, Anda sudah lelah dan bagaimana Anda bisa menggunakan pikiran dan tubuh Anda untuk mengikuti kebiasaan sehat!

Jadi, tidurlah sedikit lebih meskipun cukup sulit dengan bayi Anda yang selalu meminta perhatian Anda sepanjang waktu.

  • Ubah rutinitas harian Anda sesuai kebutuhan anak Anda. Tidurlah bersama bayi Anda. Ini mungkin tidak mungkin dilakukan sepanjang waktu tapi satu atau dua kali sehari, tidur siang saat bayi Anda melakukannya.
  • Ambil bantuan anggota keluarga lainnya. Jangan malu meminta mengasuh atau merawat bayi Anda saat Anda tidur sebentar.
  • Jika memungkinkan, sewa bantuan. Anda bisa selalu sedikit rileks saat ada dua orang yang merawat bayinya dan bukan Anda sendiri yang melakukannya.

Kehilangan berat badan setelah hamil tidak begitu sulit. Itu hanya membutuhkan kemauan dan usaha yang tepat untuk melakukannya. Makanlah dengan baik, gerakkan tubuh Anda dan menyusui anak Anda saat Anda tetap santai. Semua ini merupakan kombinasi yang cukup baik untuk menurunkan berat badan setelah hamil.

Saya adalah seorang penulis yang ingin mencoba dan terus mencoba di dunia online ini agar bisa menjadi lebih baik dalam segala hal. Tasikmalaya

Related to Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *