6 Cara Mengatasi Kutu Pada Kucing

Post On: 22 Oktober 2017
Oktober 22, 2017

Kutu adalah masalah umum pada kucing, bahkan kucing dalam ruangan, yang mengejutkan banyak pemilik hewan peliharaan karena kucing umumnya dapat merawat dirinya sendiri lebih baik daripada anjing. Kutu kucing atau Ctenocephalides Felis adalah serangga parasit yang membuat kucing domestik menjadi tuan rumah, yang akhirnya menyebabkan masalah pada kulit. Ini bisa menjadi serius, jadi untuk memberi kelegaan, Anda harus menemukan obat untuk kutu pada kucing.

Apakah Kutu Kucing Ini?

Ini adalah serangga kecil antara 1 sampai 2 mm dan biasanya berwarna coklat kemerahan. Namun, betina mungkin tampak lebih besar saat mereka membawa telur. Kutu kucing, seperti kutu lainnya, sering masuk jauh ke dalam tuan rumah mereka dan berada di dalam rambut yang padat, jadi Anda mungkin tidak dapat melihatnya dengan mudah, bahkan jika kucing Anda memiliki mantel putih murni.

Namun, Anda mungkin melihat kutu ini di karpet Anda atau saat Anda menyisir kucing. Cara yang baik untuk melihat mereka dan mengonfirmasi kutu kucing adalah dengan mengambil bintik kecil dan meletakkannya di atas kertas tisu basah. Bintik-bintik kecil akan berubah menjadi merah jika kutu-kutu, karena darah yang mereka ambil dari kucing Anda.

Biasanya masalah kutu terlihat kebanyakan di lingkungan yang lembab dan hangat. Akhir musim panas adalah musim puncak. Anda harus membunuh kutu pada kucing, karena kutu dewasa tidak akan rela meninggalkan tuan rumah mereka. Setelah terpisah dari tuan rumah, kutu akan mati dengan cepat karena kelaparan karena mereka tidak dapat menarik dari tuan rumah mereka lagi.

Siklus Hidup Kutu Kucing

Untuk menyingkirkan kutu pada kucing, penting bagi Anda untuk memiliki pemahaman tentang siklus hidup mereka. Ada 4 tahapan dalam siklus hidup kutu kucing, yang disebut metamorfosis.

  1. Kutu Dewasa – Kutu ini muncul saat dirangsang oleh faktor lingkungan seperti nafas, kehangatan atau getaran tuan rumah mereka. Itu keluar dari kepompong dan mulai menghisap darah. Ini mulai bertelur dalam 36 sampai 48 jam setelah makan pertama. Kutu betina dapat mengkonsumsi sampai 15 kali berat tubuhnya dalam darah setiap hari. Umurnya berkisar antara 2 sampai 3 bulan.
  2. Telur – Telurnya sangat kecil, berwarna keputihan, dan panjangnya hanya 5mm. 1 kutu betina tunggal biasanya akan meletakkan 1 telur setiap jamnya. Telur akan menetas dalam waktu antara 1 dan 10 hari, dan akan ada kutu baru pada kucing Anda.
  3. Larva – Panjangnya 6mm dan terlihat seperti belatung. Mereka berada jauh di dalam serat dan di celah-celah untuk menghindari cahaya. Mereka tidak memiliki mata atau kaki pada tahap ini, namun memiliki bagian mulut yang bisa mereka kunyah.
  4. Pupa – Ini adalah tahap transisi dari larva ke kutu dewasa. Dibutuhkan waktu antara 7 dan 10 hari agar larva menjadi kutu. Kutu akan memakan waktu beberapa hari lagi sebelum akhirnya akan keluar dari kepompong.

Pada tahap apapun, hanya sekitar 5% yang sebenarnya adalah kutu dewasa. Yang lainnya berada pada berbagai tahap pertumbuhan, seperti telur, larva atau kepompong. Jadi sangat penting bahwa Anda menemukan cara terbaik untuk menyingkirkan kutu pada kucing, jadi Anda bisa memberikan kelegaan pada hewan kesayangan Anda.

Bagaimana Kucing Rumah Bisa Mendapatkan Kutu ini

Siapa pun atau apapun bisa membawa kutu ini ke rumah Anda. Mereka bisa menempel pada sepotong pakaian saat Anda berada di luar dan kemudian mentransfernya ke kucing Anda. Tentu saja, kucing Anda juga bisa menjemput kutu saat berada di luar.

Kutu akan segera meletakkan banyak telur, yang akan segera menetas. Dengan cepat, ratusan kutu kecil akan membuat kucing Anda pulang, berpesta dengan darahnya. Siklus lain akan dimulai begitu kutu ini tumbuh menjadi dewasa dan meletakkan telurnya sendiri.

Tidak mungkin kucing dalam ruangan Anda bisa lolos dari makhluk ini, bahkan setelah banyak perawatan, yang dilakukan kucing. Masalahnya bisa menyebar dengan cepat dan bahkan bisa dilihat pada hewan peliharaan lain yang mungkin Anda miliki di rumah Anda. Kutu kucing terkadang terlihat bahkan pada anjing peliharaan.

Cara Mengetahui Jika Kitty Anda Memiliki Kutu?

Banyak pemilik hewan peliharaan tidak pernah tahu bahwa kucing mereka memiliki kutu sampai mereka melihat goresan yang merajalela, yang biasanya merupakan tanda pertama. Beberapa kucing, bagaimanapun, mungkin memiliki infestasi yang berat, tanpa terganggu, sementara yang lain lebih sensitif terhadap deposit air liur dari gigitan kutu. Hanya satu kutu saja yang bisa menyebabkannya banyak menggaruk dan gatal.

Berikut adalah beberapa tanda umum kutu pada kucing,

  • Menggigit, gatal dan menggaruk, terutama di sekitar telinga, leher, dan bagian dasar ekornya.
  • Banyak kucing domestik sensitif terhadap deposit air liur dari gigitannya. Sering akan ada kerak, terutama di sekitar leher dan punggung.
  • Anda mungkin melihat kutu menjatuhkan dan telur di tempat tidur atau mantelnya. Telur berwarna putih, sementara kotorannya tampak merah tua.

Temukan cara terbaik untuk membunuh kutu pada kucing segera setelah Anda yakin bahwa ini adalah kutu. Anda harus khawatir karena kutu ini akan menyebabkan kucing Anda merasa tidak nyaman. Beruntung, ada banyak obat rumah yang efektif untuk kutu pada kucing yang bisa Anda coba.

Gejala Kutu Kucing Umum

Gejala umum meliputi,

  1. 1. Frantic and Intense Biting or Scratching the Coat Gigitan kutu akan membuat bulu dan kulit sangat gatal. Jadi hewan peliharaan Anda mungkin mulai menggaruk tiba-tiba dengan cakarnya. Dia mungkin mulai mengunyah kulitnya untuk mendapatkan kelegaan dari rasa gatal.
  2. Grooming yang berlebihan – Kucing bisa berubah menjadi groomer tanpa henti saat mereka kutu. Perawatannya akan terlihat sebagian besar di sekitar dasar ekor dan kaki belakang. Anda akan melihat dia menjilat berulang-ulang.
  3. Rambut Rontok – Sebenarnya, kucing itu mungkin sangat mempelai dirinya sehingga Anda akan mulai melihat bekas botak di tubuhnya, terutama bagian ekor, daerah leher dan kaki.
  4. Rasa gelisah, agitasi dan keterkejutan – Seekor kucing domestik tiba-tiba mulai berperilaku liar, menggelengkan kepalanya, mengusap tubuhnya dan kepala di lantai, menggeram, dan berlari ke seluruh ruangan. Dia melakukannya karena gatal dan menggigit terlalu banyak untuknya.
  5. Scab-Like Bumps atau Red Skin Lesions – Banyak kucing rumahan sangat peka terhadap air liur kutu dan menggigit. Kulit mereka akan menjadi meradang dan menjadi merah. Lesi sangat gatal dan mulai mengalir saat dia mengunyahnya.
  6. Kelesuan dan Kerugian Otot – Jika kutu menggigit terlalu banyak darah, kucing Anda mungkin menderita anemia. Banyak kehilangan darah juga bisa menyebabkan hilangnya otot. Kitty Anda akan menjadi sakit dan akan menjadi lesu.
  7. Bintik Merah di Tempat Tidur Cat Anda – Bintik merah adalah kotoran kutu yang telah jatuh dari bulunya ke tempat tidur. Mereka menjadi merah saat tubuhnya yang hangat bergesekan dengan kotoran.
  8. Spesifikasi Kecil pada Bulu Her – Warna coklat tua, ini adalah kotoran kutu. Anda akan melihat mereka sebagian besar berada di sekitar area pantat dan leher, tapi Anda mungkin melihatnya juga di sisir setelah disikat. Tempatkan mereka pada kertas tisu basah, dan Anda akan melihat mereka menjadi merah.
  9. Serabi Merah atau Serangga Hitam di Bulu – Ini adalah kutu kucing Anda. Ada kemungkinan Anda bisa melihat kutu jika infestasi itu serius. Mereka berukuran kecil – seukuran pinhead.

Top Home remedies untuk Kutu pada Kucing

Kutu pada kucing bisa berakibat buruk karena akan menimbulkan banyak ketidaknyamanan. Hanya satu kutu dengan cepat bisa menyebabkan ratusan serangga berkembang dengan cepat. Kucing Anda akan kehilangan banyak darah dan menjadi lemah jika Anda tidak segera mendapatkan perawatan.

Non-medis rumah remedies

1. Bersihkan Rumah Anda

Dapatkan ini

  • Kekosongan

Melakukan hal ini

  • Vakum setiap hari.
  • Perhatikan area lalu lintas yang tinggi, tempat kucing Anda suka sering beristirahat.
  • Buang tas vakum atau sering-seringlah membersihkannya untuk memastikan bahwa kutu tidak terbengkalai di dalamnya.

Menjaga kebersihan rumah sangat penting dan cara mudah untuk menjaga kutu pergi. Vakum secara teratur, apalagi jika Anda memiliki karpet. Ini akan membunuh telur, larva dan kutu dewasa.

2. Gunakan Kuas Kutu

Dapatkan ini

  • Bersihkan sisir kutu – 1
  • Air hangat – ½ gelas

Melakukan hal ini

  • Gunakan sisir kutu dengan lembut. Bintang dari kepala dan turun ke dasar ekor.
  • Periksa sisir setelah setiap penggunaan.
  • Lepaskan telur, larva, dan kutu yang bisa Anda temukan dengan mencelupkan sisir ke dalam air.
  • Anda harus menyisir setiap hari sampai saat tidak ada lagi kutu.

Penyarangan yang hati-hati bisa menghilangkan kutu, larva dan telur dewasa. Anda mungkin tidak perlu menggunakan obat lain jika Anda melihat masalah dengan pendekatan ini.

3. Beri Kucing Anda sebuah shower

Dapatkan ini

  • Sebuah sampo yang lembut
  • Air hangat
  • Wastafel atau bak mandi

Melakukan hal ini

  • Isi bak cuci atau bak mandi dengan air hangat.
  • Bawa kucing Anda ke bak mandi. Basahi dia dan kemudian oleskan sampo.
  • Bilas sampai bersih dan biarkan selama beberapa menit.
  • Bilas.
  • Gunakan handuk bersih untuk mengeringkan kucing Anda.
  • Hapus kutu mati dengan sisir kutu.
  • Lakukan ini setiap minggu sekali. Ini akan memecah siklus hidup kutu.

Obat rumah ini bisa bekerja, tapi tidak untuk setiap kucing. Banyak kucing tidak menyukai air sebanyak itu, tapi ini masih efektif dalam melawan kutu. Air akan mengeluarkan larva dan telur dan menenggelamkan kutu dewasa.

Spray-Based Home remedies

1 . Semprot cuka

Dapatkan ini

  • Cuka putih suling – 1 gelas
  • Air hangat – 4 gelas
  • Bersihkan botol semprot – 1 (besar)

Melakukan hal ini

  • Tambahkan cuka dan air ke botol semprot Anda.
  • Kocok dengan lembut untuk menggabungkan.
  • Sekarang semprotkan pada kucing Anda perlahan. Seharusnya semprot seperti kabut di tubuhnya. Hindari alat kelamin dan wajah.
  • Semprot sekali setiap hari sampai kutu pergi.

Semprotan cuka akan bekerja sangat baik untuk membunuh kutu dewasa.

2. Lemon Spray

Dapatkan ini

  • Lemon – 1
  • Air – 4 gelas

Melakukan hal ini

  • Potong lemon ke tempat tinggal.
  • Rebus airnya. Biarkan terjepit malam ini.
  • Semprotkan kucing Anda dengan lembut di pagi hari.
  • Perhatikan secara khusus di dasar ekor, di bawah kakinya, dan di kepalanya. Namun, Anda harus berhati-hati dengan mata.

Jika kucing Anda tidak bisa mentolerir semprotannya, maka Anda juga bisa menggosok jus dari jeruk atau lemon di bulunya. Tapi pastikan jusnya baru diperas.

3. Herbal Flea Spray

Dapatkan ini

  • Bersihkan botol semprot – 1
  • Cuka sari apel (tanpa filter) – 2 gelas
  • Daun nimba organik kering (Indian Lilac) – 1 sendok makan
  • Kue organik kering – 1 sendok makan
  • Lavender organik kering – 1 sendok makan
  • Daun peppermint organik kering – 1 sendok makan
  • Air – 1 gelas
  • Aloe Vera gel – 1 sendok makan
  • Toples logam – 1
  • Saringan

Melakukan hal ini

  • Tambahkan semua bahan kering ke dalam toples Mason.
  • Sekarang sertakan cuka sari apel dan airnya.
  • Kocok dengan lembut dan dinginkan toples selama 1 sampai 2 minggu sampai curam. Campurannya akan lebih bertenaga, makin lama makin kencang.
  • Saring campurannya. Tambahkan ke botol semprotan Anda.
  • Sertakan lidah buaya ke dalam botol.
  • Berikan goyang lembut. Semprotkan pada kucing secara langsung.
  • Semprotkan lebih banyak pada area yang tersinggung. Lidah buaya akan menenangkan kulit.
  • Semprot sekali setiap hari sampai kutu habis.

Semprotan herbal ini adalah solusi efektif dan lembut untuk membunuh kutu. Anda juga bisa mencegah kutu kucing di masa depan juga. Meskipun ini adalah obat yang aman untuk kucing di atas 12 minggu, namun ingat, banyak minyak esensial tidak aman untuk kucing.

4. Semprotan Lavender

Dapatkan ini

  • Fresh lavender – 1 bunch
  • Bersihkan botol semprot – 1
  • Air – 1 gelas
  • Toples logam – 1
  • Saringan

Melakukan hal ini

  • Letakkan lavender di toples Mason.
  • Tambahkan air dan segarkan toples Anda.
  • Biarkan itu tetap semalaman.
  • Saring lavender dari cairan.
  • Tuangkan cairan ini ke dalam botol semprot Anda.
  • Semprotkan campuran ini pada kucing Anda.
  • Jangan menyeka. Biarkan campuran mengering pada bulunya.
  • Ulangi prosesnya setiap hari sampai kutu habis.

Lavender akan menenangkan kulit kucing Anda dengan lembut dan melawan kutu dengan cepat. Bahkan Ohio State University telah merekomendasikan lavender untuk mengendalikan kutu kucing. Sebuah studi yang dilakukan di Afrika Selatan pada tahun 2007 juga menemukan bahwa lavender encer dilakukan lebih baik daripada kebanyakan pengobatan buatan.

5. Semprot Teh Chamomile

Dapatkan ini

 

  • Air panas – 1 sampai 2 gelas
  • Teh kamomile – 2 sampai 3 kantong atau 2 sendok makan
  • Botol semprotan
  • Saringan

Melakukan hal ini

  • Tambahkan teh ke air panas.
  • Biarkan curam selama 15 sampai 30 menit.
  • Saring daunnya setelah dingin atau keluarkan kantong tehnya.
  • Tambahkan teh ke botol semprotan Anda.
  • Semprotkan langsung di atas kucing Anda. Perhatikan area yang sangat terganggu.
  • Semprot sekali sehari pada bagian yang terkena.

Chamomile adalah obat yang luar biasa untuk menenangkan kulit yang gatal dan teriritasi. Ini sangat kuat, tapi masih sangat lembut dan aman, bahkan untuk anak kucing. Cobalah dengan teh chamomile yang longgar karena ini lebih kuat, tapi kantong teh juga akan efektif.

6. Semprotan Tidak Beracun buatan sendiri

  • Minyak peppermint – 2 sendok makan
  • Minyak bunga matahari – 2 sendok makan
  • Cuka – ½ sendok makan
  • Jus lemon – ¼ cangkir
  • Air – 3 sendok makan
  • Minyak cengkeh – 1 sendok makan
  • Bawang putih bubuk – hanya sejumput
  • Botol semprotan
  • Mangkuk

Melakukan hal ini

  • Tuangkan semua minyak ke dalam mangkuk Anda.
  • Tambahkan airnya.
  • Sekarang tambahkan cuka dan kemudian bubuk bawang putih.
  • Tambahkan ke botol semprotan Anda.
  • Kocok dengan baik dan semprotkan pada kucing Anda, hindari mata.

Bila Anda menggabungkan semua minyak ini dengan kombinasi yang tepat beserta bahan lainnya, Anda akan mendapatkan campuran kuat yang akan bekerja dengan baik untuk melawan kutu.

Solusi Kutu Kucing Lain Anda Bisa Mencoba Di Rumah

1. Rosemary Flea Dip

Dapatkan ini

  • Segar rosemary – 1 tandan
  • Air mendidih – 1 pot
  • Air hangat
  • Wastafel atau bak mandi

Melakukan hal ini

  • Tambahkan rosemary ke dalam air mendidih. Biarkan mendidih selama 3 menit.
  • Biarkan dingin.
  • Sekarang tambahkan ini ke bak air hangat.
  • Perlahan celupkan kitty Anda ke dalam campuran ini. Duduk dia selama 2 sampai 4 menit.
  • Bilas.
  • Ulangi proses ini sekali sehari sampai Anda melihat semua kutu hilang.

Kutu kimia dips sering kaustik. Solusi alami seperti saus rosemary ini akan selalu bekerja lebih baik dalam melawan kutu dan telurnya. Anda juga bisa menuangkan air ke atas kucing Anda jika Anda tidak bisa mencelupkannya ke dalam campuran. Tapi pastikan airnya cukup nyaman.

2. Cairan pencuci piring

Dapatkan ini

  • Cairan pencuci piring – 3 sampai 4 tetes
  • Mandi air hangat

Melakukan hal ini

  • Tambahkan tetes cairan pencuci piring ke air hangat.
  • Sekarang cuci kitty anda.
  • Bilas cepat.

 

Cairan pencuci piring akan bekerja sebagai repellant yang hebat untuk kutu kucing. Anda akan bisa menyingkirkan masalah secara alami dan cepat. Pastikan untuk berkumur secara menyeluruh dan cepat, jika tidak kulit kucing Anda bisa menjadi jengkel.

3. Cuka Apel

Dapatkan ini

  • Cuka sari apel – 1 sendok makan
  • Air untuk mandi

Melakukan hal ini

  • Tambahkan sesendok air mandi kucing Anda dan beri dia pancuran.
  • Bilas dengan handuk bersih dan kering.

Kutu tidak akan menyukai cuka sari apel asam sedikit pun. Anda juga bisa menyemprotkannya ke tubuhnya jika Anda tidak bisa memberinya bak mandi. Tapi pastikan untuk mencairkan sebelum penyemprotan.

4. Rebus Teh Grey Earl

Dapatkan ini

  • Stash Earl Grey Tea – 2 kantong
  • Air hangat

Melakukan hal ini

  • Tempatkan kantong teh di air hangat.
  • Curam selama 3 sampai 5 menit.

Anda bisa mencoba membuat kucing Anda minum teh alami ini. Jika sulit, Anda bisa menyebarkan teh di karpet Anda setelah merobek kantong terbuka. Ini juga akan berhasil, tapi pastikan untuk mengosongkan karpet setelah beberapa hari.

Membunuh Kutu Kucing – Dos dan Larangan Esensial

Dos

  1. Temukan obat dan mulailah lebih awal sebelum infestasi menjadi lebih buruk. Ini akan memudahkan Anda untuk memberantas kutu.
  2. Bersihkan lantai dan dinding rumah Anda setiap hari. Jauhkan halaman disiram. Mow halaman secara teratur. Anda akan mengurangi risiko infestasi kutu dengan menjaganya tetap bersih.
  3. Mandi dan sisir kucing secara teratur. Periksa kutu setelah setiap bak mandi.
  4. Cuci pakaian dengan air panas.
  5. Konsultasikan dengan dokter hewan.

Jangan

  1. Jangan gunakan perawatan topikal jika kucing Anda sedang hamil.
  2. Kendalikan penggunaan minyak esensial dan semprotan jeruk.
  3. Jangan biarkan kucing Anda makan bawang putih.
  4. Hindari penggunaan perawatan topikal yang dimaksudkan untuk anjing.

Kutu pada kucing adalah masalah yang cukup umum, tapi ini adalah sesuatu yang tidak dapat Anda abaikan. Bahkan kucing domestik yang dirawat dengan baik dan melakukan banyak perawatan diri dapat memiliki kutu ini. Mereka menyebar dengan mudah, dan berkembang biak dengan cepat, sehingga kucing Anda dapat dengan cepat memiliki seluruh koloni di tubuhnya, kecuali jika Anda melakukan tindakan cepat.

Ada banyak pengobatan rumah yang efektif untuk kutu pada kucing yang dapat Anda pilih. Pilih dari yang disebutkan di sini, karena semua pengobatan ini aman dan efektif, baik untuk kucing dewasa maupun anak kucing. Terapkan obat dengan benar dan kutu harus pergi.

Baca Juga:

21 Cara Menyembuhkan Jerawat Yang Membandel

Cara Efektif Menyembuhkan Pembuluh Darah Yang Rusak

Cara Menurunkan Berat Badan Dalam 3 Hari

Saya adalah seorang penulis yang ingin mencoba dan terus mencoba di dunia online ini agar bisa menjadi lebih baik dalam segala hal. Tasikmalaya

Related to 6 Cara Mengatasi Kutu Pada Kucing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *